[1] Belajar dengan Riset — bagi yang Tidak Mau Salah Memilih

Intania Mentari
3 min readApr 28, 2022

Cara mengasah hardskill pemrograman berdasarkan pengalaman pribadi

Image from Unspash.com

Tidak hanya pemula yang belajar mengenai pemrograman, tetapi juga orang-orang yang telah memahami dunia programming juga selalu tidak berhenti untuk belajar. Teknologi tidak ada hentinya, oleh karena itu kita sebagai calon maupun yang ahli dalam programming terus berusaha memahami dan mengikuti kebutuhan industri.

Saya mengetahui pemrograman ketika saya masuk ke jenjang perkuliahan. Dari momen itulah saya mulai melakukan perjalanan susah senangnya belajar bahasa pemrograman. Di sini saya akan membagikan proses yang benarnya saja, walau tentu ada berbagai proses yang salah selama saya belajar, jadi saya harap dengan postingan ini proses belajar Anda lebih terarah 😀.

Saya akan membagikan langkah-langkah bagaimana cara saya belajar mulai dari ketika saya menjadi pemula hingga menguasai bahasa pemrograman. Artikel ini akan ditulis dengn cukup panjang, jadi setiap pembahasan akan saya pisahkan menjadi beberapa postingan. Berikut adalah ulasannya!

Metode ini saya gunakan ketika terbersit keinginan “tidak mau rugi” dalam belajar bahasa pemrograman. Banyak yang mengalami tahapan ini, sehingga saya akan membagikan langkah-langkahnya agar “tidak rugi” :

Menentukan Teknologi yang Ingin Dikuasai

Ini masuk ke dalam tujuan “Bidang apa yang ingin Anda kuasai?” Hal ini mencakup teknologi apa yang kita sukai atau bisa juga teknologi yang dibutuhkan oleh industri saat ini. Untuk mengetahui apa yang cocok bagi Anda, langkah pertama adalah browsing di internet, membaca berbagai berita, artikel, postingan, apapun yang berhubungan dengan pemrograman, sehingga kita memiliki gambaran apa yang sebenarnya kita sukai atau tujan yang ingin kita capai.

Mengikuti bidang yang disuka atau mengikuti kebutuhan industri?

Pertanyaan ini hanya kita sendiri yang dapat memilih. Semua hal sifatnya subjektif, “Bahasa pemrograman ini lebih mudah”, “Banyak sekarang yang menggunakan ini”, “Itu sudah terlalu lama, ada bahasa pemrograman baru yang lebih banyak penggunanya”.

Jangan percaya dengan ucapan objektif ini sepenuhnya, riset adalah kunci utamanya! Oleh sebab itu, carilah informasi terpercaya, melihat berita-berita di komunitas programming, dan lainnya.

Melakukan riset untuk memutuskan apa yang ingin Anda pelajari

Saya menyarankan untuk belajar sesuatu yang Anda sukai ketimbang mengikuti industri (untuk pemula), sebab teknologi industri saya rasa cukup sulit untuk langsung ditelan bulat-bulat sebagai langkah dasar dalam belajar. Tentu pilihan mengikuti industri lebih baik, tapi selama Anda masih di tahap pem

Kita bisa menentukan lebih dari satu teknologi yang diinginkan. Ingat, ini baru dalam tahapan riset, kita belum sampai di pembelajaran yang sesungguhnya

Semakin banyak informasi pasti semakin baik.

Membaca Roadmap untuk Belajar

Setelah riset untuk mengetahui garis besar dalam teknologi apa yang digemari, maka saatnya kita terjun lebih dalam mengenai apa saja yang perlu dipelajari dalam menguasai teknologi tersebut.

Kelebihan dari membaca roadmap adalah kita mendapat gambaran mengenai seberapa dekat atau jauh untuk kita dapat menguasai suatu teknologi.

Kita dapat mencarinya dengan mengetikan di browser “Roadmap belajar <teknologi-yang-ingin-dikuasai>”. Setelah melihat alurnya, Anda akan memiliki gambaran langkah apa saja yang harus ditempuh untuk menguasai teknologi tersebut.

Setelah melihat alur pembelajarannya, Anda bisa lanjut ke langkah berikutnya.

Melihat Tutuorial secara Singkat

Setelah membaca roadmap, saatnya Anda mencari tutorial berdasarkan urutan dalam roadmap. Dalam tahap ini, kita hanya mencari gambaran mengenai bagaimana proses yang terjadi bila kita mengikuti pembelajaran dalam roadmap. Terkadang roadmap yang pendek belum tentu sepenuhnya demikian, bisa saja itu hanya ulasan mengenai garis besarnya, bukan dari detail pembelajaran step by step nya.

Tutorial juga membantu kita untuk tahu apa saja sarana yang diperlukan untuk belajar. Baik dari sisi hardware dan software-nya.

Tutorial untuk memberitahu kita apakah telah siap untuk belajar sesuai dengan roadmap yang ada

Jika dirasa hardware atau software yang diperlukan tidak dapat dipenuhi atau terlalu sulit bagi kita dalam mengikuti tutorial, maka kembali ke langkah pertama.

Saya individu yang senang melakukan riset, jadi hingga kini saya masih suka melakukan ini ketika mendengar teknologi baru atau bahasa pemrograman yang sedang ramai diperbincangkan. Semoga postingan ini bermanfaat.

Terima kasih telah membaca 🌹

--

--

Intania Mentari

Hello! Welcome to my little blog. I'm a backend programmer in software house and my basic programming language is PHP. Nice to meet you ❤️